Pikat Pangsa Pasar Gen-Y, Agung Podomoro Kembangkan Konsep Smart Home

Agung Podomoro
Ilustrasi (Foto: IST)

Release Insider | INOVASI kreatif tengah dirancang Agung Podomoro Land untuk memikat pangsa pasar Generasi Y (Gen-Y). Yakni, mengembangkan konsep residensial berbasis Smart Home.

Selain itu, strategi tersebut dilakukan guna memperkuat persaingan industri properti, di tengah maraknya apartemen baru yang kian menjamur.

”Penting bagi para pengembang residensial untuk terus mencari ide dan kreativitas dalam memasarkan produknya. Bukan hanya menyuguhkan kelebihan sisi desain, aspek strategis lokasi, dan fasilitas menarik saja, tetapi juga harus mengerti kebutuhan masyarakat kekinian,” ujar AVP Strategic Marketing Residential Agung Podomoro Land Agung Wirajaya, di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Agung, konsumen properti Gen-Y yang rata-rata berusia di bawah 35 tahun kerap memperhatikan akses internet, tren elektronik dan kemudahan akses transportasi publik sebagai pertimbangannya dalam memilih properti untuk hunian atau investasi.

”Bagi generasi mereka, yang sejak lahir telah mengenal internet, maka akses internet dan transportasi menjadi pertimbangan penting, di samping harga properti yang terjangkau,” tambah Agung.

Baca juga: Trade Mall, Prospek Bisnis Properti Menjanjikan

Salah satu inovasi terbaru Agung Podomoro Land untuk menggarap Gen-Y adalah bekerja sama dengan Samsung, sebagai pemilik brand elektronik nomor 1 dunia. Nantinya, kolaborasi tersebut akan mengembangkan teknologi Smart Home di setiap proyek hunian dan Trade Mall Agung Podomoro.

Naskah kesepakatan kerja samanya telah ditandatangani oleh kedua perusahaan raksasa ini pada pertengahan Januari 2017 lalu.

Melalui kerja sama ini, apartemen-apartemen dari Agung Podomoro Land akan dilengkapi dengan teknologi smart home. Dengan teknologi ini, semua peralatan dalam satu rumah akan tersambung dalam satu sistem yang dapat dikontrol melalui komputer, smartphone dan gadget lainnya.

Nantinya, Peralatan rumah tangga dapat dikontrol dan mengelola konsumsi energinya dari jauh. Misalnya, dapat mengetahui berapa jumlah energi listrik yang dikonsumsi dalam sehari di setiap rumah sehingga bisa direncanakan dan dikelola baik.

Selain itu, alat-alat elektronik juga dapat mati secara otomatis saat tidak lagi digunakan. Hal tersebut dapat memudahkan pengguna seperti saat menonton TV namun kemudian tertidur, maka TV akan mati  secara otomatis. Selain itu, dengan teknologi ini juga dapat mematikan AC di rumah cukup dengan menggunakan smartphone dari kantor.

Kehadiran akses internet yang cepat dan stabil tentu sangat dibutuhkan untuk mendukung pengoperasian teknologi ini. Kehadiran teknologi ini diharapkan dapat menarik konsumen baru dari Gen-Y terhadap produk-produk hunian apartemen Agung Podomoro Land.

Baca juga: Lagoon Avenue Lengkapi 3 Proyek Utama PPPro

Seperti diketahui, saat ini Agung Podomoro Land tengah mengembangkan tiga proyek unggulan di luar Pulau Jawa yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat modern. Ketiga proyek tersebut yaitu Podomoro City Deli Medan, Orchard Park Batam dan Borneo Bay City Balikpapan. Sedangkan, proyek unggulan di Pulau Jawa yang sedang dibangun adalah Podomoro Golf View di Kawasan Cimanggis Depok, Grand Taruma Karawang dan Vimala Hils Puncak Bogor.

Banyak pengembang berharap pada 2017 ini penjualan properti akan mengalami rebound. Berbagai kebijakan pemerintah yang pro sektor properti seperti tax amnesty, kelonggaran kredit rumah, dan penurunan pajak bagi kepemilikan rumah kedua, dan lain-lain, diharapkan akan memperbaiki pemasaran properti. (ncy)