Antisipasi Ketahanan Pangan, Kalimantan Bangun Food Estate 500.000 Ha

food estate

DEMI menyangga tulang punggung ketahanan pangan, pemerintah berencana membangun food estate di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Sabtu (4/4), Menteri Pertanian Andi Amran mengatakan, food estate akan dibangun di atas lahan seluas 500.000 hektare (ha).

Menurut Amran, food estate akan dilengkapi dengan teknologi pertanian tinggi. Rencananya, lokasi yang memungkinan untuk dibangun food estate adalah di Pulau Kalimantan, khususnya di Provinsi Kalimatan Tengah dan Provinsi Kalimantan Timur.

’’Sementara ini food estate masih dalam pembahasan. Tapi lahannya sampai hari ini sudah ada kurang lebih 350.000 ha dari Kalimantan,’’ jelas Amran.

Amran menyebutkan, komoditas yang ditanam di food estate sepenuhnya adalah kebijakan pemerintah. ’’Kalau jagung kurang, di situ tanam jagung, kedelai kurang di situ tanam kedelai,’’ kata dia.

Lebih lanjut Amran menambahkan, food estate ini nantinya akan direalisasikan dengan Peraturan Presiden (Perpres). Amran meminta semua pemangku kepentingan bersinergi setelah Perpres disahkan.

’’Saat ini sudah tingkat pembahasan dan semoga bisa berjalan dengan baik. Komoditasnya, jagung, kedelai, di mana yang ada kekurangan akan kita tanam itu. Dia menjadi backbone, tulang punggung negara nanti,’’ tutup Amran. [RI]