Ciputra Group Siap Luncurkan 6 Proyek Baru

PUBLIC EXPOSE CIPUTRA GROUP

Selama lima bulan pertama tahun 2016, Ciputra Group (CTRA) mencatat marketing sales yang membanggakan, yakni sebesar Rp 2,6 T atau 28,5% dari target tahunan sebesar Rp 9,3 T.

CTRA pun optimis dapat mencapai target tahunan, seiring dengan semakin positifnya indikator makro ekonomi Indonesia, yang antara lain ditunjukkan dengan penurunan tingkat suku bunga pinjaman.

Kedua anak perusahaannya pun mencatat marketing sales yang baik. PT Ciputra Surya Tbk (CTRS) Rp 1,3 T dan PT Ciputra Property Tbk (CTRP) Rp 313 M.

Pada bulan Mei melalui CTRS telah diluncurkan 1 proyek residensial baru di Lampung, yaitu CitraLand Lampung yang merupakan proyek dengan rencana pengembangan seluas 32 hektar dan menyasar masyarakat kelas menengah dan menengah atas sebagai target konsumennya.

Selama peluncuran telah terjual 96 unit rumah dari keseluruhan 200 unit yang ditawarkan dengan harga per unit berkisar dari Rp 750 juta sampai dengan Rp 2,5 M. Masih pada bulan Mei, CTRP juga telah meluncurkan Office Tower strata-title di kawasan Proyek Ciputra International Jakarta Barat, yang berhasil menjual 75% dari tahap 1 yang ditawarkan.

Selanjutnya di 2016 ini, CTRA merencanakan untuk meluncurkan 6 proyek residensial baru. Lima proyek baru berada langsung di bawah CTRA, sedangkan satu proyek di bawah CTRS. Kelima proyek tersebut terdiri dari proyek perumahan CitraGarden Hills seluas 54 hektar dan CitraGarden Angsana seluas 20 hektar yang berlokasi di Samarinda, Citra AeroLink – proyek pergudangan seluas 21 hektar di Batam, CitraLand Cileungsi – proyek perumahan seluas 86 hektar dan Grand Cipete – apartemen seluas 4,8 hektar di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Sedangkan proyek di bawah CTRS, Babarsari Junction, merupakan area komersial seluas 2 hektar dan terletak di Yogyakarta. Target marketing sales untuk keenam proyek yang akan diluncurkan ini diharapkan mencapai Rp 1 triliun.

Candra Ciputra selaku CEO Ciputra Group menyampaikan optimismenya akan kinerja tahun 2016, terlebih setelah meningkatnya marketing sales bulanan hingga bulan Mei dan akan diluncurkannya beberapa proyek baru dalam semester 2 tahun ini.

”Pasar properti diperkirakan akan kembali bergairah setelah melalui fase jenuhnya, terlebih dukungan regulasi pemerintah dan meningkatnya pertumbuhan ekononomi Indonesia serta trend menurunnya tingkat suku bunga. Maka di masa yang akan datang properti akan terus mengalami peningkatan dan siap memasuki booming berikutnya, kami pun merencanakan akan meluncurkan 6 proyek baru,” optimisnya.

Penghargaan Hingga Juni 2016
Dengan berbagai pencapaian tersebut, tak heran jika Ciputra Group meraih berbagai penghargaan hingga tengah tahun 2016 ini. Dari skala nasional, Ciputra Group diakui memiliki Corporate Image terbaik sebagai Housing Developer sehingga dianugerahi Corporate Image Award oleh Frontier dan Majalah Tempo. Bank BTN menganugerahi anak perusahaan Ciputra Surya sebagai Developer Paling Berhasil di Makassar, juga Ciputra Group masuk dalam Top Ten Developer Indonesia dari BCI Asia.

Dalam skala internasional, CEO Ciputra Group Candra Ciputra meraih President of The Year for Innovation and Sustainability Indonesia dari lembaga riset global International Alternative Investmnet Review (IAIR), demikian juga Ciputra Property berhasil meraih IAIR Awards untuk Company of The Year for Innovation and Sustainability Commercial Property Development Indonesia dari lembaga yang sama, dalam ajang penghargaan Federasi Real Estat dunia atau Fédération Internationale des Administrateurs de Biens Conseils et Agents Immobiliers (FIABCI) Prix d’Excellence Award. Ciputra Property juga meraih Gold Winner kategori Office untuk proyek Ciputra World 1 Jakarta – DBS Bank Tower, demikian juga Ciputra Artpreneur meraih Gold Winner kategori Purpose Built di ajang pernghargaan yang sama. Merupakan kali pertama peristiwa yang langka selama 25 tahun penyelenggaraan FIABCI Prix d’Excellence satu proyek meraih 2 Gold Winner sekaligus.

Bagikan Dividen Senilai Rp439 M
Sementara itu, Rabu (15/6) kemarin telah dilangsungkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Ciputra Development Tbk, serta kedua anak perusahaan PT Ciputra Property Tbk dan PT Ciputra Surya Tbk di Ciputra Artpreneur, Ciputra World 1 Jakarta.

Dalam RUPST diitetapkan pembagian dividen total sebesar Rp 439 M dengan perincian bahwa CTRA akan membagikan dividen total sebesar Rp 254,4 M yang terdiri dari Rp 126,1 M dividen tunai dan Rp 128,3 M dividen saham.

CTRS membagikan total Rp 117,2 M yang terdiri atas dividen tunai sebesar Rp 57,5 M dan dividen saham sebesar Rp 59,7 M. Sedangkan CTRP akan membagikan total Rp 67,4 M berupa dividen tunai dan saham, masing-masing sebesar Rp 34,6 M dan Rp 32,8 M. (ncy)