Eskalator Portabel dan Mobil Mewah Raja Salman yang Bikin Heboh

Eskalator portabel
Eskalator portabel sengaja dibawa Raja Salman dari Arab Saudi untuk memudahkannya turun dari pesawat. (Foto: IST)

Release Insider | RENCANA kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz al-Sau’d makin terasa heboh dengan diboyongnya eskalator portabel dan mobil mewahnya: Mercy S600.

Eskalator portabel atau tangga mororized tersebut untuk memudahkan sang raja dari Saudi ketika turun dari pesawat.

”Ya escalator portable ikut dibawa. Lalu mobil ada juga. Memang sengaja dibawa dari sana. Mungkin karena umur Raja Salman yang sudah lanjut, jadi dinilai perlu,” ujar Head of Corporate Secretary and Legal Angkasa Pura II Agus Haryadi, Sabtu (25/2).

Seperti apa sih eskalator portabel? Apa istimewanya tangga ini sehingga Raja Salman harus direpotkan untuk mengangkut barang berbobot ribuan kilogram itu?

Sekilas, penampakannya tak jauh beda dengan eskalator di mal-mal. Tapi bila melihat dengan teliti, dijamin Anda akan bengong dibuatnya.

Tangga pesawat milik Raja Salman berwarna putih dan dihiasi kaligrafi emas di bagian atas. Untuk urusan ekslalator portabel, Raja Salman lah juaranya.

Baca juga: Sewa Kamar Hotel Raja Salman Rp133 Juta Per Malam

Tak ada satupun pemimpin dunia ini yang bisa dengan elegan turun dari pesawat tanpa menapaki tangga. Dari unggahan video yang bisa disimak via akun The Watchdog di Youtube, tangga Raja Arab ini memiliki fungsi yang sama dengan eskalator.

Sang raja tak perlu melangkahkan kaki berkali-kali untuk menuruni pesawat. Cukup berdiri tegak, dia pun terlihat elegan menuruni tangga pesawat tanpa bergerak sedikitpun.

Karena termasuk barang langka, cargo untuk mengangkat eskalator portable ini juga terbilang sangat istimewa. Khusus untuk tangga motorized itu, Saudi harus rela menerbangkan pesawat berbadan lebar Saudi Arabian (SV 6854).

PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) yang melayani ground handling di Indonesia men-deploy Main Deck Loader dari Cengkareng dengan kapasitas 32 ton hanya untuk menaikkan dan menurunkan kargo mereka.

”Bobotnya tidak ada yang ringan. Harus diperlakukan secara khusus,” terang Direktur Operasional JAS Airport Services Subiyono, Sabtu (25/2).

Eskalator portabel
Mercy S600, salah satu monil mewah yang dibawa Raja Salman ke Indonesia. Mobil ini dilengkapi fitur super canggih dan aman. (Foto: IST)

Mobil Mewah Super Aman

Selain eskalator, perlengkapan lain yang menarik perhatian adalah dua mobil khusus untuk kendaraan selama di Indonesia. Mobil itu berjenis Mercy tipe S600 Guard dan sudah berada di Denpasar sejak 18 Februari 2017 lalu.

Keistimewaannya? Sangat banyak. Mercedes-Benz S Class selalu identik dengan orang-orang sukses, berduit dan para orang penting di pemerintahan sebuah negara, seperti presiden, kaisar, kanselir, raja dan beberapa jabatan lainnya. Salah satu syarat utama pendukung mobilitas orang-orang seperti tadi adalah: wajib aman.

Baca juga: Begini Cara Menaikkan Pamor Bandara Soetta di Mata Dunia

Fitur keamanannya? Setara dengan tank baja. Tembakan dari senjata api? Ah, kecil, masih bisa ditahan dengan bodi mobil ini. Granat atau bom? Tenang saja, mobil ini kuat menahan ledakan dari kedua benda itu.

Serangan Rocket Launcher? Kedengarannya sih sudah seram, tapi dari mulai atap sampai kolong mobil ini semuanya sudah tahan dari serangan apapun, dari peluru hingga roket.

Lalu, bagaimana kalau misalnya mobil ini sampai terbakar? Sekali lagi, tenang saja. S600 Guard sudah punya pemadam api dengan tangki yang disimpan di bagasi untuk memadamkan kebakaran, dan fitur ini mirip dengan yang ada pada pesawat kepresidenan Amerika Serikat, Air Force One.

Kaca mobil ini pun dirancang sangat tebal, bahkan pintunya bisa setebal Kamus Besar Bahasa Indonesia dan tahan peluru, dan kalaupun kacanya sampai pecah, pecahannya tak akan membuat penumpangnya terluka. Bannya juga sudah berteknologi run flat tire yang bisa dipakai dalam kondisi kempes hingga 30 kilometer.

Remnya juga berkemampuan tinggi, sebab memiliki enam piston untuk menghentikan sedan yang bobotnya sangat berat ini, dipadu dengan sistem suspensi udara AIRMATIC yang semua komponennya juga tahan peluru. Urusan mesin, S600 Guard dipakaikan mesin V12 yang punya tenaga 530 hp dan torsi 830 Nm serta transmisi 7 percepatan 7G-TRONIC. Mesin ini cukup untuk membawanya berlari hingga 210 km/jam. (ncy)