IndonesiaX Tawarkan Kursus Online Gratis dengan Pengajar Terbaik

IndonesiaX Kursus Online

Release Insider | SEBUAH gebrakan baru diluncurkan Paramount Enterprise. Perusahaan yang bergerak di bidang properti, hospitality, kesehatan, ritel, agrikultur, pendidikan, dan travel yang berbasis di Gading Serpong ini mengenalkan program terbaru; IndonesiaX. Yakni, sebuah organisasi non-profit yang menawarkan kursus online secara gratis dengan pengajar terbaik.

Kursus online atau massive open online course (MOOC) ini baru diluncurkan pada 2015 lalu. Akan tetapi, hingga Agustus 2016, jumlah pelajarnya sudah mencapai 80.000 orang. Sungguh menakjubkan.

Apa saja topik program studi yang ditawarkan IndonesiaX, dan benarkah tidak dipungut biaya? Presiden Direktur dan CEO IndonesiaX, Lucyanna Pandjaitan, mengungkapkan platform MOOC dari IndonesiaX memang benar-benar gratis.

’’Yang Anda butuhkan hanya koneksi internet. Kami ingin mewujudkan salah satu Paramount Enterprise untuk memperkaya kehidupan bangsa dari sisi pendidikan. Caranya melalui kursus online IndonesiaX,’’ kata Lucy di sela-sela acara peluncuran produk investasi Solvang Arcade di Gading Serpong, Tangerang, Rabu (7/9).

Ia menjelaskan, program studi online yang ada di IndonesiaX cukup beragam dan menarik. Anda pun bisa mengikuti program studi kursus lebih dari satu. Meski gratis, tenaga pengajar IndonesiaX berasal dari dosen perguruan tinggi terbaik serta manajemen eksekutif perusahaan ternama, baik di dalam maupun luar negeri.

’’IndonesiaX berfokus pada pengembangan edukasi dan pelatihan online berkualitas tinggi. Tujuan kami untuk memperluas akses masyarakat kepada pendidikan dan keterampilan hidup yang berkualitas,’’ tuturnya.

Lucy menambahkan, perangkat sistem manajemen belajar atau learning management system (LMS) yang diterapkan IndonesiaX, boleh dibilang tercanggih. Sebab, LMS IndonesiaX didesain khusus untuk masyarakat Indonesia dan disajikan dalam bahasa Indonesia.

’’Hal ini dilakukan untuk mengaktualisasikan visi Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan akses masyarakat kepada pelatihan bersertifikat dan pendidikan terbaik. Jadi, siapapun boleh mengikuti program kursus gratis ini kapan saja dan di mana saja,’’ ujar Lucy menambahkan.

Wanita jebolan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1983 ini juga menerangkan, IndonesiaX membuka peluang bermitra dengan universitas-universitas terbaik yang ada di Indonesia maupun luar negeri. ’’ Jika Anda punya rekomendasi nama universitas atau perusahaan, dan tertarik mendapatkan materi ajar dari mereka, jangan sungkan beritahu kami,’’ imbuhnya.

Menurut Lucy yang kini juga aktif sebagai Presiden Komisaris di Koperasi Mitra Dhuafa –lembaga yang bergerak di bidang pengentasan kemiskinan melalui perempuan—seluruh materi ajar di IndonesiaX, mulai dari video, materi soal, dan ujian final, dapat diakses secara bebas. Untuk format materi kursus, sambungnya, adalah rekaman video kuliah satu arah, dilengkapi dengan animasi.

’’Video juga dilengkapi dengan teks terjemahan untuk membantu Anda belajar lebih dalam. Anda juga bisa mengunduh teks video tersebut secara cuma-cuma,’’ ucapnya.

Tak hanya itu, bagi peserta kursus, nantinya akan mendapatkan sertifikat yang sah. Sertifikat ini diterbitkan IndonesiaX yang ditandatangani oleh instruktur dari institusi mitra serta pihak IndonesiaX.

Dari IndonesiaX, sertifikat akan ditandatangani oleh Lucy, dan Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh. Seperti diketahui, Pak Mohammad Nuh adalah mantan Menteri Pendidikan Nasional periode 2008-2014 yang kini kembali mengajar di Jurusan Teknik Elektro Kampus Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya.

Akan tetapi, untuk memperoleh sertifikat, Anda harus melewati tes dan ujian akhir dengan tingkat keberhasilan (passing grade) minimum 50 persen. Biaya administrasi untuk sertifikat satu kursus adalah Rp250.000.

Saat ini, beberapa universitas yang ternama yang sudah bergabung menjadi mitra IndonesiaX antara lain Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, edX, HarvardX, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Terbuka.

Cara mendaftar

Nah, Anda tertarik untuk mulai kursus? Bagaimana cara mendaftar kursus? Dilansir dari laman resminya, bagi Anda yang tertarik dan ingin mendaftar, tinggal mengunjungi tautan www.indonesiax.co.id/register. Lalu, Pilih nama pengguna (username) yang unik dan lengkapi semua informasi yang disyaratkan di halaman registrasi.

Jika sudah berhasil mendaftar, IndonesiaX akan mengirim tautan aktivasi ke alamat email Anda. Selanjutnya, Anda harus mengaktifkan akundi IndonesiaX dengan mengeklik tautan aktivasi yang tertera di dalam email. Akun tidak akan bisa berfungsi dengan baik jika belum diaktivasi.

Untuk mendaftar kursus yang diminati, Anda hanya perlu mencarinya di menu Courses Profile. Dengan sekali klik, Anda akan langsung terdaftar sebagai siswa di kelas tersebut. Anda dapat melihat pilihan materi ajar yang tersedia saat ini di sini: https://indonesiax.co.id/courses.

Karena semua aktivitas kursus berlangsung daring, maka Anda tidak perlu secara fisik menghadiri perkuliahan atau pergi ke kampus. Saat sebuah kursus atau mata ajar resmi dimulai, Anda dapat mengakses seluruh materi melalui dasbor (dashboard) akunmu.

Caranya, klik menu sortir vertikal di kanan atas halaman (dekat letak nama pengguna atau username), lalu klik Dashboard. Daftar kelas kursus yang Anda ikuti akan tampak di sana. Klik kelas kursus yang sudah dimulai. Dengan demikian, Anda telah masuk ke dalam kelas dan bisa mulai menyimak materi yang disampaikan.

Anda juga akan diarahkan ke halaman Course Updates. Di sana, Anda bisa menyimak kabar terbaru dari para pengajar kursus atau asisten pengajar. Di bagian kiri halaman Course Updates, Anda bisa menyimak halaman Courseware.

Di halaman ini menyimpan materi ajar dan video ajar. Anda bisa mengakses video atau pun mengerjakan soal tes di sana! Jangan lupa, materi ajar akan dirilis setiap minggu, sejak minggu pertama kursus. (inx)