Kapan Anda Membutuhkan Copywriter?

    Copywriter
    Ilustrasi (Foto: IST)

    Release Insider | KEHADIRAN seorang copywriter memang sangat membantu ketika Anda butuh menuliskan konten tentang bisnis yang sedang dijalankan. Ya, karena konten itu sendiri sangat penting bagi kelangsungan usaha.

    Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, bahwa konten adalah raja, kembali ingin saya ingatkan bahwa setiap pebisnis perlu menyadari bahwa kehadiran konten sangat penting. Bukan sekadar konten, melainkan yang mampu ’’berbicara’’ kepada para pembaca tentang informasi penting di dalamnya.

    Tentu saja, setiap konten harus memiliki relevansi yang tepat, entah itu dengan bisnisnya, maupun dengan kebutuhan pembacanya. Untuk itu, Anda membutuhkan skill, pengetahuan, dan tentu saja lebih banyak waktu dari yang pernah dibayangkan.

    Di sini, banyak pebisnis yang ’’give up’’ karena terbatasnya waktu yang mereka miliki. Saat inilah mereka menyewa jasa copywriter.

    Para copywriter memiliki pengalaman membuat konten-konten yang relevan untuk website bisnis Anda. Mereka tahu yang harus dilakukan dan tidak, termasuk menulis konten yang up-to-date terkait tren bisnis yang Anda jalankan.

    Namun, tak sedikit orang yang enggan mempekerjakan seorang copywriter. Mereka percaya bisa melakukannya sendiri. Benarkah?

    Menurut saya, setiap orang dapat membuat konten untuk websitenya. Meski hasilnya mungkin tidak ’’seindah’’ hasil polesan copywriter profesional, tapi secara teknis, sangat mungkin kok bagi Anda untuk melakukannya sendiri. Yang Anda butuhkan adalah waktu.

    Walau memungkinkan bagi Anda membuat konten sendiri, namun bukan berarti hal itu ideal dilakukan. Ada perbedaan besar antara just writing dengan good writing, terutama jika konten tersebut untuk konsumsi publik di internet.

    Satu hal yang perlu Anda ingat, ekspektasi orang berbeda-beda. Jika Anda membuat artikel layaknya sebuah esai, jangan kaget jika pembaca malah meninggalkan website Anda. Ini yang disebut high bounce rate.

    Baca juga: Konten Adalah Raja

    Nah, jika Anda masih ragu untuk menyewa copywriter, coba tanyakan pada diri Anda sendiri hal-hal berikut ini:

    Apakah Anda tahu bagaimana menentukan audiens dan menjual produk dan jasa pada mereka?

    Di sini, saya ingin mengatakan bahwa copywriter tak hanya menuliskan kata demi kata untuk memenuhi halaman. Mereka menciptakan konten yang terdiri dari rangkaian kata dengan tujuan pemasaran. Intinya, berdasarkan pengalamannya, copywriter profesional akan tahu kata ’’kunci’’ untuk membantu memasarkan produk atau jasa Anda.

    Dapatkah Anda dapat meringkas perusahaan Anda?

    Mungkin, Anda sudah mengeluarkan banyak darah, keringat, dan air mata saat memulai usaha. Terutama jika Anda seorang pemilik usaha kecil. Dedikasi yang biasanya berubah menjadi kebanggaan memang layak.

    Akan tetapi, jika Anda menuliskannya dalam deskripsi yang bertele-tele, pembaca akan jenuh. Nah, seorang penulis luar dapat membuat konten yang efektif tanpa berlebihan dan risiko kehilangan audiens.

    Apakah Anda memiliki pengetahuan atau pengalaman tentang SEO (search engine optimazation)?

    Jika jawaban Anda adalah ’’tidak’’ mungkin sudah saatnya untuk melihat ke dalam dunia copywriter. SEO adalah kekuatan pendorong untuk perusahaan secara online. Di sini, setiap harinya copywriter memikirkan konten untuk peringkat pencarian, mengurus back link, dan kepadatan kata kunci. Jika tidak akrab dengan ini, Anda bisa kehilangan beberapa peluang besar.

    Jika Anda memang mengatakan ’’ya’’, ada satu hal yang perlu dipertimbangkan: waktu. Dibutuhkan ketangguhan yang luar biasa ketika memutuskan untuk menulis konten sendiri. Anda harus membagi konsentrasi antara menjalankan bisnis sekaligus membuat artikel dan mempostingnya di website Anda.

    Tanpa copywriter, Anda tidak dapat memposting konten secara teratur. Hal itu malah akan merusak kredibilitas Anda. Jadi, bukankah sebaiknya Anda menghabiskan waktu yang berharga di tempat lain, untuk kelangsungan bisnis ke depan?

    Baca juga: Promosi Kaku Nggak Laku

    So, banyak alasan mengapa Anda membutuhkan copywriter. Anda tidak harus takut ketinggalan tren, karena copywriter tahu bagaimana menanganinya dan membuat konten yang relevan.

    Selain itu, dengan menyewa copywriter, Anda akan terbebas dari stres variasi konten. Mereka lebih tahu dan berpengalaman terkait tugasnya.

    Copywriter juga bisa merevolusi cara perusahaan membangun kehadiran online mereka. Jika Anda ingin menjangkau audiens secara efektif, ini saatnya untuk menambahkan penulis profesional untuk repertoar Anda. (inx)