Marsellinus Wellip Sang Mantri dari Hutan Distrik Towe

Marsellinus Wellip

BAGAIMANA bisa seorang Marsellinus Wellip mendapatkan apresiasi SATU Indonesia Awards? Mungkin itulah salah satu pertanyaan dari pemuda Kota Sorong saat diksusi mengenai program yang diadakan PT Astra Internasional Tbk tersebut. Ya, Marsel – sapaan akrab Marsellinus Wellip memang penerima apresiasi pertama program tersebut bidang kesehatan dari Papua. Dan, inilah yang membuat Marsel bisa menerima apresiasi SATU Indonesia Award.

Saat menyaksikan seorang mantri merawat ayahnya yang sedang sakit keras tanpa pamrih, begitu membekas di hati Marsellinus kecil. Kejadian ini membuatnya bertekad menjadi mantri atau perawat di kemudian hari.

Marsel merupakan mantri kesehatan pertama di Puskesmas Distrik Towe, Papua. Puskesmas tersebut melayani tujuh kampung, yaitu Towe Hitam, Towe Atas, Bias, Lules, Terfones, Tefalma dan Milki. Ada sekitar 1.900 jiwa di tujuh kampung ini yang secara berkala harus dikunjungi dan membutuhkan layanan kesehatan.

Baca juga: Pendaftaran SATU Indonesia Awards

Dengan kondisi geografis pedalaman yang masih tertutup hutan rimba, Marsellinus Wellip harus berjalan kaki menyisir hutan, menyeberangi sungai dan menuruni lembah serta ngarai yang lembab dan licin untuk sampai di kampung-kampung tersebut.

Kondisi pedalaman Papua yang memprihatinkan dengan pola pikir masyarakat yang belum mengenal gaya hidup sehat membuat Marsel ingin terus mengabdi di wilayah ini. Pada Juli 2013, Marsel melanjutkan pendidikan di Akademi Poltekkes Jayapura agar dapat menjadi Kepala Puskesmas di Towe.

Di tengah jadwal kuliah yang cukup padat, ia selalu menyempatkan diri berkunjung ke Distrik Towe. ’’Manfaat yang saya dapatkan dari program SATU Indonesia Awards 2010 sungguh luar biasa!,’’ ujar Marsel.

Marsellinus Wellip Terima PenghargaanSeusai menerima penghargaan, ia mendapat respons positif dan sambutan hangat dari orang-orang di sekitarnya. Berkat usulannya ke Departemen Kesehatan Jayapura, pada akhir tahun 2014 Distrik Towe sudah memiliki dua puskesmas yang kini mempersingkat akses perjalanan pelayanan kesehatan. Marsel juga sempat menjadi tim mahasiswa berprestasi bersama dosen untuk penilaian akreditasi kampusnya.

Nah, itulah sekilas riwayat Marsellinus Wellip sehingga diberi apresiasi SATU Indonesia Awards oleh PT Astra Internasional Tbk. Semoga apa yang dilakukan oleh Marsel bisa diikuti oleh pemuda/pemudi lain di Papua bahkan di Indonesia. (ncy)