Mencuci Gembira Itu Gampang, Jangan Dibawa Ribet!

Mencuci Gembira
Para peserta kompetisi senam Easy Gembira tampak penuh semangat di acara final, Minggu (9/4). (Foto: Release Insider/Ranny Supusepa)

Release Insider | DARIPADA mengeluh, cemberut, atau mengomel melihat cucian segunung, mending kita mencuci gembira. Selain perasaan jadi ikut senang, hasil cucian pun makin gemilang.

Bukan itu saja, perasaan bahagia juga sangat berpengaruh pada kehidupan dan aktivitas lainnya. Dengan merasa bahagia, banyak efek positif yang didapatkan.

Bagi kaum wanita, terutama ibu-ibu rumah tangga, menciptakan perasaan bahagia dalam kehidupan keluarga, sangatlah penting. Banyak kok caranya. Salah satunya ya itu tadi, mencuci gembira.

Ya, gerakan mencuci gembira ini diinisiasi oleh PT Kao melalui salah satu produk mereka: Easy. Yakni dengan mengadakan kompetisi Senam Easy Gerakan Mencuci Gembira atau singkatnya Easy Gembira.

Baca juga: Cara Cerdas Memilih Mobil Bekas

Kompetisi yang digelar sejak 11 Maret 2017 ini, menurut Associate Vice President Fabric & Home Care dan Human Health Care PT Kao Indonesia, Susilowati, merupakan kegiatan pemberdayaan wanita melalui kelompok PKK di lima area DKI Jakarta.

”Kegiatan ini adalah event lanjutan dari tahun kemarin, sebagai bentuk pemberdayaan wanita. Skalanya lumayan besar,” kata Susilowati di sela-sela final Kompetisi Senam Easy Gembira se-DKI Jakarta di Mall Artha Gading, Minggu (9/4).

Data panitia menyebutkan ada 4.000 peserta yang berasal dari 5 kab/kota DKI Jakarta dan yang masuk babak final sebanyak 38 tim.

”Awalnya kita melakukan koordinasi dulu dengan pihak PKK kelurahan, karena kegiatan ini tidak bisa dilakukan jika hanya satu pihak saja. Harus ada sinergi dari semua pihak. Dan sekarang kami memilih Mall Artha Gading sebagai lokasi pertandingan final,” tutur Susi lebih lanjut.

Gerakan para peserta berpatokan pada video tutorial senam berdurasi dua menit yang dibuat oleh Liza Natalia. Gerakan senam ini sekaligus menggambarkan gerakan mencuci sesuai slogan dari Easy.

”Dengan tetap berpatokan pada gerakan dasar senam, saya mengaplikasikan slogan Easy, 1x Kucek 1x Bilas. Saya ingin ibu-ibu menyadari bahwa kegiatan mencuci pun bisa dilakukan dengan gembira sekaligus melakukan senam,” kata Liza.

Bahkan, Liza juga mengangkat slogan Kekuatan 10 Tangan dalam bentuk gerakan senam yang melatih otot paha dalam, paha luar, tangan, jari dan dada.

Baca juga: Kadai Padang Mak Itam Hadirkan Kuliner Unik Kawa Daun

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Jakarta Utara Ani Wahyu Haryadi, menyampaikan dukungannya pada kegiatan ini. Ia menilai akan mampu menginspirasi para ibu-ibu agar dapat memanfaatkan waktu luangnya dengan kegiatan olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan.

”Kami sangat mendukung kegiatan Easy Gembira ini karena sejalan dengan kegiatan RPTRA, dimana ibu-ibu diberikan kegiatan positif sementara anak dan ayah juga bisa melakukan aktifitas positif di RPTRA,” kata Ani.

Dari hasil penilaian juri, yang salah satunya ada Liza Natalia, ada tiga pemenang dan satu juara kostum favorit.

”Juara pertama berasal dari keluarahan Sukapura dengan hadiah Rp5 juta, juara kedua dari kelurahan Sunterjaya mendapatkan Rp3 juta dan juara ketiga dari kelurahan Pinang Ranti mendapat Rp2 juta. Sementara juara kostum favorit dimenangkan oleh kelurahan Kebon Bawang membawa pulang Rp1 juta. Setiap pemenang juga mendapatkan hadiah produk Easy,” kata Susilowati.

Susilowati juga menyampaikan, bahwa untuk ke depannya akan dipertimbangkan untuk melakukan kegiatan yang sama di luar Jakarta. (aan)