Mulai 1 Oktober, AirAsia Indonesia Terbang dari Bali ke Kolkata

AirAsia Indonesia
Ilustrasi (Foto: IST)

Release Insider | MASKAPAI AirAsia Indonesia meluncurkan rute baru: Bali-Kolkata. Dengan demikian, Kolkata menjadi kota kedua di India setelah Mumbai yang kini terhubung dengan Bali.

Rute Bali-Kolkata ini merupakan yang keempat dari Grup AirAsia di Indonesia. Sebelumnya, AirAsia Indonesia meluncurkan rute Mumbai-Bali, Tokyo Narita-Bali, dan Makau-Jakarta.

Dengan layanan terbaru ini, penerbangan ke Bali dari Kolkata dapat ditempuh hanya dengan tujuh setengah jam, sudah termasuk transit sejenak di Kuala Lumpur, Malaysia. Keunggulan tersebut akan menjadikan rute ini sebagai pilihan untuk penerbangan antara Bali dan Kolkata yang tersingkat.

Baca juga: AirAsia Indonesia Buka Penerbangan Langsung Jakarta-Makau

CEO Grup AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan, mengungkapkan, rute Bali-Kolkata akan memperkuat konektivitas antara India dan Indonesia. Permintaan atas layanan penerbangan antara kedua negara sangat tinggi.

”Jumlah kunjungan wisatawan dari India ke Bali tumbuh hingga 40 persen pada semester pertama 2017, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Ini yang menjadikan India sebagai salah satu dari tiga negara penyumbang kunjungan wisatawan mancanegara terbesar ke Bali. Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi mendatangkan turis dari India ke Indonesia lebih banyak lagi,” tuturnya.

Menurut Dendy, pihaknya memahami bahwa banyak wisatawan dari India yang terpaksa menghabiskan waktu untuk sekadar transit di kota-kota lain agar dapat menuju Bali. Dengan rute baru ini, ia berharap pelanggan dapat menikmati perjalanan yang lebih singkat antara Kolkata dan Pulau Dewata.

Diluncurkannya rute ini sekaligus menjadi kesempatan untuk memperkenalkan Bali sebagai salah satu destinasi liburan pilihan yang kini semakin mudah dijangkau oleh masyarakat Kolkata, terlebih dengan adanya penawaran tarif yang menarik. Sebaliknya, masyarakat Bali maupun turis yang berlibur ke Pulau Seribu Pura kini memiliki pilihan untuk mengunjungi Kolkata yang sarat dengan situs bersejarah dan kaya budaya sebagai destinasi liburan berikutnya.

Baca juga: AirAsia Kantongi Izin Terbang ke Amerika Serikat

Rute Kolkata-Bali akan diterbangi AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) dengan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi.

Pelanggan juga dapat menikmati beragam layanan tambahan yang dapat dipesan sebelum penerbangan, antara lain pilihan menu makanan inflight Santan -termasuk menu vegetarian, Hot Seat dengan ruang kaki lebih luas, bagasi ekstra serta asuransi perjalanan. (ril)