Pebisnis Indonesia dan Korsel Sepakat Garap 9 Proyek

Pebisnis Indonesia

PEBISNIS Indonesia dan Korea Selatan sepakat menggarap sembilan proyek. Kesepakatan senilai USD18 miliar ini tertuang dalam nota kesepahaman atau memorandum of understanding (Mou) yang ditandatangani dalam Business Forum di Korea Selatan.

Menurut Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani, kesembilan proyek itu meliputi bidang kemaritiman, ekonomi kreatif, antikorupsi, restorasi hutan gambut, teknologi pertahanan, kawasan ekonomi khusus, penelitian pengembangan energi, dan mineral untuk energi bersih.

”Korea Selatan merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi,” kata Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Release Insider di Jakarta, Senin (16/5).

”Penandatanganan MoU itu juga disaksikan oleh Presiden Jokowi,” ujar Rosan menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama, Shinta Widjaja Kamdani, Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kadin, menegaskan bahwa Kadin akan terus mendorong peningkatan kemitraan strategis dengan sejumlah negara.

Beberapa perusahaan yang menandatangani nota kesepahaman adalah Lotte Chemical, CJ group, Komipo dan Samtan, Daewoong Infion, dan Parkland. (aan)