Pemda Lombok Barat Gelar Marathon Mekaki Hingga 42K

Pemda Lombok Barat
Foto: IST

Release Insider | UNTUK pertama kalinya, Pemda Lombok Barat menggelar event lari marathon yang bernuansa wisata. Dalam event ini, Pemda Lombok Barat bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Lomba sportourism bertajuk BRI Mekaki Marathon 2017 tersebut akan menempuh rute dengan pemandangan alam hutan, perkampungan, dan pantai. Melalui rute ini, para peserta yang juga wisatawan, berkesempatan untuk menjelajah Lombok Barat.

Bupati Lombok Barat mengemukakan event yang akan berlangsung pada 30 April 2017 ini, diinisiasi oleh Pemda Lombok Barat, serta didukung penuh oleh Bank BRI, Kementerian Pariwisata, Telkom Indonesia, Lippo Group, ASDP, Citilink, Mitsubishi Motor, IsoPlus, dan Le Minarale.

”Lombok Barat itu bukan hanya Senggigi. Masih banyak daerah lain yang keindahannya sangat memukau. Untuk acara BRI Mekaki Marathon 2017 ini, kami mengangkat daerah Sekotong, khususnya Teluk Mekaki yang menjadi titik start dan finish dari acara lari marathon ini,” ucap Fauzan saat konferensi pers BRI Mekaki Marathon 2017, di Fx Sudirman Jakarta, Jumat (21/4).

Baca juga: Dukung Toba Kayak Marathon, Kemenpar Siapkan Tim Penyelamat

Fauzan juga menyampaikan, berkat dukungan BRI, untuk event ini Pemda Lombok Barat tidak menganggarkan secara khusus. Pihaknya hanya berfokus pada perbaikan rute infrastruktur yang memang sudah menjadi anggaran promosi wisata Lombok Barat.

”Target wisatawan 2017, sekitar 800.000 orang dengan komposisi 40 persen wisatawan mancanegara dan 60 persen wisatawan nusantara. Kami targetkan meningkat dari angka 500.000 orang, dan terealisasi 750.000 orang di tahun 2016,” kata Fauzan.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Raseno Arya, mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan pariwisata yang berbasis olahraga.

”Event ini merupakan terobosan positif untuk mengembangkan wisata Lombok Barat, dan tentunya diharapkan dapat ikut mendorong ekonomi daerah,” ucap Raseno.

Baca juga: Toba Kayak Marathon 2017, Dongkrak Popularitas Sumut di Mata Dunia

Senada dengan Raseno, Senior Executive Vice President Jaringan dan Layanan Bank BRI Agus Nursanto, menyatakan kebanggaannya bisa menjadi sponsor utama dari kegiatan sport tourism ini.

”Harapan kami jelas, yaitu multiplier efek dari kegiatan ini pada perekonomian daerah, dan untuk ke depannya kami juga ingin untuk mengexplore daerah lainnya,” kata Agus.

Ia menambahkan, BRI akan melakukan sejumlah kegiatan promosi seperti promosi Brizzi dan tabungan.

”Akan ada hadiah earphone bluetooth bagi para 500 peserta yang mendaftar pertama dan menabung Rp250.000 dan paket data sebesar 2GB bagi penabung Britamax. Juga akan ada promosi bagi pengguna Brizzi yang melakukan top up minimal Rp50.000 akan mendapat saldo tambahan Rp15.000 dan jika melakukan transaksi minimal Rp50.000, berlaku penggabungan struk belanja, akan diikutsertakan dalam Lucky Dip dan mendapat cash back Rp15.000,” tuturnya.

Hingga saat pendaftaran ditutup, yaitu saat konpers berlangsung, sudah ada 2.000 peserta yang terdaftar untuk 4 tipe rute, 5k, 10k, 21k dan 42k.

”Selain pencinta marathon dari komunitas Lombok dan nasional, ada sejumlah artis papan atas dan tokoh nasional yang turut meramainkan marathon ini. Seperti Chicco Jerikho, Wulan Guritno, Menpora Imam Nahrowi, Walikota Bogor Bima Arya dan pengamat ekonomi Faisal Basri,” kata Juria Ambar Haruni, perwakilan penyelenggara acara.

Dijelaskan juga bahwa Race Entry Pack Collection (REPC) akan dilakukan pada tanggal 28-29 April 2017 dari pukul 10-18 Wita. Titik penjemputan peserta ada di Senggigi Square, Lapangan parkir Holiday Resort, Mal Lombok dan Mataram Mall. (aan)