Penyelenggaraan Borobudur Internasional 10K dan Half Marathon 2015 Berhadiah Rp1,6 Miliar

Borobudur Internasional 10K

Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung penyelenggaraan Borobudur Internasional 10K dan Half Marathon 2015 sebagai langkah nyata promosi pariwisata daerah,” ujarnya di Jakarta, Rabu (28/10).

Menurut Arief Yahya, Jawa Tengah terutama kawasan Borobudur, sudah terkenal dengan keindahan alam dan keragaman budaya, juga sebagai cadar budaya dunia.

Dijelaskan, Borobudur Internasional 10K dan Half Marathon 2015 akan digelar di Taman Lumbini Komplek Candi Borobudur, Magelang dan diikuti pelari luar maupun dalam negeri. Pendaftaran peserta dimulai pada 1 Oktober sampai 13 Nopember 2015 atau maksimal sebanyak 16.000 pendaftar.

Kementerian Pariwisata telah banyak mendukung even pariwisata olahraga seperti Tour de Singkarak, Iron Man, Mandiri Jakarta Marathon atau MesaStila Challenge Ultra, di mana daerah bisa mempromosikan destinasi atau produk-produk yang dimiliki.

Wisata olahraga memang menjadi salah satu andalan untuk memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara, karena peserta akan membawa keluarga atau manajemennya, dan Provinsi Jawa Tengah yang memiliki daerah tujuan wisata beragam ingin berkontribusi untuk pencapaian target kunjungan wisman ke Indonesia.

Akses menuju Candi Borobudur dapat dilakukan melalui dua bandara, wisatawan bisa melalui Bandara Adi Sucipto di Jogja; Ahmad Yani di Semarang; dan Bandara Adi Sumarmo di Solo. Wisatawan lebih mudah melalui pintu masuk Bandara Adi Sucipto dikarenakan ketersediaan kapasitas penerbangannya.

Menurut data jumlah wisman dari Bandara Adi Sucipto pada Agustus 2015 yakni 6.502 wisman, sementara total kunjungan wisman pada Januari – Agustus 2015 yakni 46.879 wisman. ”Untuk itu perlu dikembangkan lagi promosi yang lebih giat,” kata Menpar.

Kepala Disbudpar Jawa Tengah Prasetyo Ariwibowo, menambahkan, terkait persiapan Borobudur Internasional  10K dan Half Marathon 2015 telah berjalan dengan baik.

Panitia dan masyarakat setempat sedang bahu-membahu mempersiapkan acara tersebut termasuk pembenahan arena perlombaan.

Sementara itu, Kepala Dispora Jawa Tengah Budi Santoso berharap agar peserta Borobudur Internasional 10K dan Half Marathon 2015 mendapat pengalaman baru yang mengesankan selama mereka berada di sana. Dengan demikian, mereka mau kembali lagi. Ini merupakan kesempatan promosi yang baik.

Event tersebut akan dirangkai dengan acara Pemilihan Mas dan Mbak Jawa Tengah pada 13 Nopember 2015 pukul 19.00 wib di Gedung Tri Bakti Magelang; Sepeda Tour de Borobudur pada 14 Nopember 2015 dengan Start pukul 06.30 wib dari Mako Brimob Srondol Semarang dan Finish Pelataran Candi Borobudur; serta Borobudur Jazz Festival sekaligus Gala Dinner pada 14 Nopember 2015 pukul 19.00 wib di Taman Lumbini Candi Borobudur. [RI]