Provinsi Nusa Tenggara Barat Targetkan 3 Juta Turis

Nusa Tenggara Barat

Release Insider | TAHUN depan, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mentargetkan tiga juta wisatawan masuk ke daerah tersebut. Jumlah ini terdiri dari 1,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 1,5 juta wisatawan nusantara (wisnus).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata NTB H.L. Mohammad Faozal, saat memberikan sambutan mewakili Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi dalam acara peluncuran Pesona Lombok Sumbawa dan Kalender Event NTB 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Senin (14/12).

”Kami beranikan diri untuk mematok target tiga juta wisatawan masuk ke NTB pada 2016. Angkanya pun disamakan antara wisman dan wisnus, yakni sama-sama 1,5 juta orang,” tandasnya.

Ia mengatakan, branding Pesona Lombok Sumbawa adalah komitmen pariwisata Nusa Tenggara Barat kepada dunia yang sekaligus mempertegas posisi tawar Lombok dan Sumbawa dalam persaingan pariwisata internasional. Kata Pesona menunjukan pesan kaya dengan ketakjuban dari segala aspek baik manusia, budaya maupun alamnya.

”Branding ini pada akhirnya bertujuan untuk menciptakan pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism yang didukung oleh tiga pilar utama yaitu culture, nature, dan man made,” ujarnya.

Dijelaskan ketiga pilar tersebut memberi makna bahwa alam (nature) NTB yg sangat indah baik berupa keindahan bawah laut, pantai, gunung, hutan, serta beranekaragam hayati. Lombok Sumbawa juga memiliki kekayaan budaya (culture) yang unik dan heterogen, berupa suku, bahasa, tradisi dan adat istiadat (Bali, Sasak, Samawa, dan Mbojo).

”Sedangkan karya kreatif (man made) putra-putri NTB harus pula merepresentasikan daya kreasi yang mampu mencipta ragam karya, daya tarik, dan atraksi yang memikat wisatawan,” urainya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuty mengungkapkan, Pesona Lombok Sumbawa merupakan destination branding dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat ke mancanegara, sekaligus untuk mendukung  Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia sebagai country branding.

”Country branding Pesona Indonesia dan Wonder Indonesia  ini semakin diperkuat dengan destination branding  yang dimiliki daerah di antaranya  Pesona Lombok Sumbawa sebagai branding pariwisata NTB ini,” ujarnya.

Selain itu, imbuhnya, branding Pesona Lombok Sumbawa diharapkan semakin menguatkan posisi kepariwisataan NTB  menjadi  tujuan wisata utama  bagi wisnus maupun wisman.

”Posisi pariwisata NTB semakin mendunia dengan terpilihnya Lombok sebagai The World’s Best Halal dan The World’s Best Halal Honeymoon Destination pada ajang World Halal Travel Awards 2015 di Dubai, Uni Emirat Arab, baru-baru ini. Indonesia pada ajang tersebut juga meraih World’s Best Family Friendly Hotel untuk Sofyan Hotel Jakarta,” jelas Esthy.

Sebagai country branding  Pesona Indonesia dan Wonder Indonesia telah mendunia,  hal itu terlihat dari  posisinya yang kini berada di ranking 47 dunia dengan nilai 74,8  point  atau di tingkat Asia berada di urutan keempat di bawah Jepang, India, dan Singapura. Strategi branding Wonderful Indonesia untuk penetrasi secara online dinilai lebih bagus dibandingkan Thailand dan Malaysia. [RI]