Sebelum Beli Mobil Bekas, Baca Dulu Ini!

Mobil Bekas
Ilustrasi (Foto: IST)

Release Insider | TREN pembelian mobil bekas terus meningkat. Keinginan untuk memiliki mobil pribadi menjadi pemicu utamanya.

Sebelum memutuskan membeli mobil bekas, ada baiknya konsumen melakukan cek dan ricek terlebih dulu. Bila perlu, berselancar saja di internet untuk mendapatkan informasi terbaru seputar mobil bekas.

Salah satu web yang bisa dikunjungi adalah momobil.id. Web yang diluncurkan PT. Adira Dinamika Multi Finanxe, Tbk., di Jakarta, Jumat (15/12), tersebut merupakan satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air.

Menurut Senior Vice President, Head of Digital Business, Adira Finance, Errol Franklin Siahaan, momobil.id hadir untuk menjadi platform yang mempertemukan pembeli dengan penjual perorangan (C2C), dan dealers (B2C) otomotif.

”Kami ingin memberikan solusi bagi seller dan buyer. Bagi buyer, kami memberikan beragam pilihan mobil berkualitas dan terjamin, tentunya dengan layanan pembiayaan yang terbaik, dan terpercaya dari Adira Finance. Bagi seller, baik personal maupun dealer, kami adalah partner yang menyediakan channel penjualan digital yang dapat mempercepat proses penjualan sehingga dapat memberikan keuntungan bersama,” tuturnya.

Baca jug: Cara Cerdas Memilih Mobil Bekas

Berdasarkan data yang dirilis oleh Kepios dan Statista, penetrasi internet telah meningkat sebesar 50 persen. Hingga September 2017, jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 104 juta.

Dampaknya, perkembangan tersebut telah mengubah banyak hal dalam kehidupan masyarakat. Misalnya dalam customer shopping behavior, pada saat berbelanja kebutuhan, baik itu kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier, dari kebiasaan sebelumnya berbelanja secara konvensional kini mulai beralih ke tren berbelanja online.

Begitu pun pada saat konsumen membeli mobil, untuk mendapatkan berbagai informasi seputar mobil yang ingin dibeli, konsumen sudah tidak perlu lagi datang ke show room atau dealer, karena semua informasi tersaji lengkap secara digital.

Melalui momobil.id, Adira Finance menyadari bahwa menyikapi perubahan perilaku konsumen bukanlah sebuah perkara yang mudah. Hal ini sangat dirasakan terutama dari segi emosional, di mana saat konsumen ingin membeli mobil, terutama mobil bekas.

Perlu adanya pertimbangan, perencanaan, dan trust, apalagi hal tersebut berhubungan dengan pengeluaran uang yang relatif besar. Tentunya hal itu menjadi tantangan di era digital ini.

Tak hanya itu, dari sisi konsumen yang ingin menjual mobil, juga terdapat tantangan tersendiri. Era digital menuntut penjual mobil untuk merambah ke pasar yang lebih luas agar dapat menjual mobilnya dengan lebih cepat.

Errol menambahkan, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan, dan bila dikelola dengan baik sehingga dapat turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa.

”Momobil.id menghadirkan layanan digital berkualitas yang memberikan tiga keunggulan. Yakni, mudah, aman, dan nyaman,” ucapnya.

Mudah di sini maksudnya untuk proses transaksi (jual dan beli). Contohnya simplicity dari persyaratan dan prosedur, kecepatan proses dan status approval pembiayaan.

Ya, momobil.id didukung oleh Adira Finance, perusahaan finance yang telah berpengalaman selama 27 tahun di bidang pembiayaan, khususnya kredit otomotif. Proses pembiayaan ini juga diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Lalu, dikatakan aman karena mobil yang dijual di momobil.id tersertifikasi oleh Mister Auto (representative momobil.id yang akan melakukan pengecekan kondisi mobil). Pembeli akan merasa aman karena momobil.id hanya menjual mobil bekas berkualitas, dan memberikan jaminan keamanan berupa Free Warranty selama enam bulan.

Penjual dan pembeli juga akan merasa nyaman, karena akan dibantu sepenuhnya oleh Personal Assistant (PA). Konsumen yang tidak memiliki waktu untuk melakukan proses pencarian dan pembelian mobil idaman mereka, akan dibantu PA di seluruh proses transaksi konsumen mulai dari pencarian mobil hingga serah terima unit. (aan)