Titip Belanja di Luar Negeri, Dong!

Titip Belanja di Luar Negeri
Ilustrasi (Foto: IST)

Release Insider | TITIP belanja di luar negeri sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah ketika ada sahabat atau kerabat tengah melancong ke sana. Selain hemat waktu, tren titip belanja di luar negeri seperti ini bisa memangkas biaya perjalanan.

Tren titip belanja di luar negeri bukan hanya terjadi di Indonesia, lho. Hal serupa juga berlangsung di negara-negara lain, dan semakin populer dari waktu ke waktu.

Dua pemuda asal Indonesia dan Singapura, rupanya melihat tren belanja di luar negeri ini sebagai peluang bisnis. Mereka membuat platform discovery titip belanja di luar negeri melalui travelers: Airfrov.

Platform ini menyediakan berbagai layanan melalui situs web dan aplikasi untuk menghadirkan pengalaman yang lebih aman dan bermanfaat, baik bagi requesters (yang menitip barang) maupun travelers (yang pergi ke luar negeri dan membantu membelikan barang).

Hasil karya ini muncul dari ide saat mereka melihat adanya kebutuhan lebih untuk produk-produk luar negeri dan kapasitas bagasi traveler yang kurang terutilisasi, meskipun dengan frekuensi travelling yang cukup rutin. Sekitar 1,5 tahun setelah peluncurannya di Singapura, mereka memperkenalkan Airfrov ke Indonesia, dengan memanfaatkan peluang pasar yang timbul akibat meningkatnya jumlah wisatawan Indonesia dari dan ke luar negeri.

Berdasarkan data dari The Airports Council International (ACI), Bandara Soekarno-Hatta (CGK) di Indonesia, menduduki peringkat ke-18 sebagai bandara dengan lalu lintas serta kesibukan terpadat di dunia pada tahun ini.

Baca juga: Aplikasi Khataman Al Quran Online

Menurut CEO & Co-founder Airfrov, Cai Li, tren titip belanja barang di luar negeri menjadi semakin populer. Akan tetapi, ada kendala yang menghantui proses titip belanja konvensional seperti terbatasnya produk yang dapat dikirimkan, lamanya durasi pengiriman, kepastian pembayaran, hingga tingginya biaya pengiriman.

’’Melalui Airfrov, kami percaya bahwa requester maupun traveler memerlukan pengalaman titip belanja yang lebih aman dan bermanfaat. Inilah ide dasar dari Airfrov, sebagai platform titip belanja yang melayani kebutuhan serta memberikan kesempatan kepada para pengguna,” ujar pria asal Singapura ini dalam siaran pers yang diterima Release Insider, Rabu (8/12).

Bagaimana cara kerja Airprov? Sederhana banget. Melalui website dan aplikasi ponsel, requester dapat memposting barang yang mereka inginkan dan memberikan penawaran harga barang, lalu traveler yang bersedia akan memenuhi permintaan tersebut.

Sebagai mediator, Airfrov akan menagih pembayaran dari requester, dan menahan biaya tersebut di dalam escrow sebelum traveler melakukan pembelian barang. Sistem pembayaran yang aman ini akan membuat requester dan traveler dapat berbelanja dengan tenang.

Saat traveler kembali ke negara asalnya dengan membawa barang yang diminta, ia dapat memberikan notifikasi melalui aplikasi Airfrov. Kemudian, kurir rekanan lokal dari Airfrov akan mengambil barang tersebut dan mengantarnya kepada requester, yang kemudian akan memproses pembayaran kepada traveler.

Bagi travelers, ada dua keuntungan yang dapat diterima. Selain menjelajah tempat-tempat berbelanja baru, barang-barang unik yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, para travelers juga akan mendapat reward dari Airfrov berupa uang atas bantuan mereka.

Pembaruan aplikasi

Airfrov dilengkapi dengan fitur-fitur baru di aplikasinya yang mencakup ’’Trending Requests” dan ’’Recommendations by Travelers” untuk memberi informasi lengkap mengenai tren produk-produk di luar negeri.

Dengan tampilan sederhana untuk fitur ”Trending Requests” di home page, para pengguna dapat melihat barang-barang yang direquest pengguna lain, dan bisa menitip produk yang sama dengan meng-klik ’Aku Juga Mau!’. Traveler pun dapat memposting rekomendasi barang-barang unik yang mereka temukan di luar negeri.

Dari fitur-fitur discovery dan layanan Airfrov, ada lima produk yang paling banyak direquest di Airfrov. Antara lain Tas Anello dari Jepang, Binggrae Banana Milk dari Korea Selatan, Sepatu Adidas dari Amerika Serikat, Garrett Popcorn dari Singapura, dan Tokyo Milk Cheese dari Jepang.

Baca juga: Potensi Bisnis Konten dan Aplikasi Capai Rp80 Triliun

’’Di Indonesia, kami sedang fokus untuk membangun user experience yang terbaik kepada para pengguna Airfrov. Kami juga membangun tim lokal yang kuat untuk memahami budaya serta tren lokal secara lebih mendalam demi mampu memenuhi kebutuhan para pengguna di Indonesia,” jelas Robi Ng selaku CTO & Co-founder Airfrov asal Indonesia.

Sejak diluncurkan di Singapura pada kuartal pertama 2015, Airfrov telah memiliki lebih dari 95.000 pengguna aktif, termasuk di antaranya berasal dari Indonesia. Soft launching Airfrov di Indonesia sudah digelar pada Agustus 2016, dan telah mendapatkan lebih dari 1.000 tawaran dari 150 travelers. (inx)

SHARE
Previous articleRomantisme The Nove yang Cukup Menghipnotis
Next articleHore! Indonesia Juarai World Halal Tourism Award 2016
Inge Mangkoe adalah seorang wartawan yang sudah kurang lebih 15 tahun berkiprah di dunia jurnalistik. Passion menulis sudah ia rasakan sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Ia mengawali karier profesional sebagai jurnalis di Jawa Pos Group (Rakyat Merdeka dan Indopos). Inge juga yang ikut membidani koran Lampu Merah (sekarang Lampu Hijau) bersama sejumlah jurnalis dari Rakyat Merdeka. Selain di Jawa Pos Group, Inge pun pernah bergabung di salah satu koran daerah milik Media Indonesia Group: Lampung Post, selama kurang lebih dua tahun.