Tren Digital Marketing di Indonesia Segera Geser Pemasaran Konvensional

Digital Marketing di Indonesia

TREN digital marketing di Indonesia diperkirakan segera menggeser perilaku pemasaran konvensional saat ini. Dari sisi emerging market, Indonesia paling cepat karena pasar digital marketingnya tertinggi di dunia.

Hal ini disampaikan Andy Zain, Managing Director Mountain Kejora Ventures di sela-sela peluncuran The World’s Most Value Brands 2016 di Le Meridien Hotel, Jakarta, Rabu (23/9). Menurut Andy, tingginya pasar digital marketing di Indonesia berkaitan erat dengan karakter bangsa yang ‘kepo’ habis.

”Orang kita itu sangat ingin tahu dan paling cepat dalam mencoba sesuatu yang baru. Penggunaan Facebook, contohnya. Hanya dalam waktu singkat, Indonesia menduduki peringkat dua dunia dalam hal penggunaan Facebook.

Beda dengan Brazil yang jumlah penduduknya sama dengan kita, juga dengan India yang penduduknya justru lebih banyak dari kita. Mereka butuh waktu lama untuk menjadi 2 besar dunia. Ketika mereka sudah mencapai 2 besar dunia, kita sudah bosan dan beralih ke hal lain,” paparnya.

Boleh dibilang, kehadiran teknologi informasi, telah mengubah kebiasaan hidup dalam waktu sekejap. Digital marketing sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi apapun, mengingat jumlah gadget sekarang ini lebih banyak ketimbang populasi produktif.

Jadi, kalau ditanya kapan digital marketing di Indonesia akan booming, ya segera.

Saat ini saja sudah mulai tren. Masyarakat sudah sangat jarang baca koran dan nonton televisi. Semuanya sudah diakses melalui gadget mereka,” ujarnya ketika menjawab pertanyaan dari Release Insider.

Mountain Kejora Ventures merupakan Venture Capital (VC) yang didirikan pada 2013 berfokus dalam membantu pertumbuhan startup teknologi yang berbasis di Jakarta, Indonesia. VC ini merupakan gabungan dari perusahaan Mitra AG (Zurich).

Mountain Kejora Ventures memiliki tujuan untuk membantu para pendiri startup, tidak hanya sekadar investasi keuangan tetapi juga bekerja sama dengan tim pendiri startup untuk membentuk dan melaksanakan strategi yang bisa membuat startup dikenal oleh pasar.

Saat ini, Mountain Kejora Ventures Group telah memiliki lebih dari 200 portofolio di Eropa, China, Amerika ALtin, Brazil, India, dan Timur Tengah. (inx)