Tingkatkan Minat Literasi, Lotte Foundation Bangun Perpustakaan Ramah Anak

lotte foundation
Chairman Lotte Foundation Lee Seung Hoon

Jakarta-Jajaran siswa-siswi berpakaian Islami menyambut kedatangan rombongan petinggi Lotte Mall Jakarta, Lotte Foundation, dan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (Atpusi) diiringi musik rebana, Kamis (25/4/2024). Kegembiraan tampak di wajah para siswa-siswi MI Nurul Islam di kawasan Kemang Utara, Jakarta Selatan.

Maklum, setelah sebulan menanti, akhirnya mereka kini punya ruang perpustakaan baru yang nyaman dengan koleksi buku yang beragam. Perpustakaan baru tersebut terealisasi lewat program CSR “Lotte Sahabat Anak” hasil kerja sama antara Lotte Mall Jakarta, Lotte Foundation, dan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (Atpusi).

“Kehadiran ruang perpustakaan baru ini sangat dinanti siswa-siswi kami. Lahan sekolah kami memang terbatas, tapi dengan adanya perpustakaan mungil ini diharapkan bisa membuat anak-anak kami betah bersekolah dan memotivasi mereka untuk meningkatkan minat baca,” ucap Kepala Sekolah MI Nurul Islam Rusman, disela-sela peresmian ruang perpustakaan tersebut.

Tahun ini, Lotte Foundation fokus membangun 3 ruang perpustakaan baru dan satu perbaikan ruang perpustakaan. Peresmian ruang perpustakaan akan
dilakukan secara bertahap.

Tahap pertama akan dilaksanakan tanggal 25 dan 26 April 2024 di dua sekolah, yakni MI Nurul Islam dan SDS Kebon Baru 1, Cilincing, Jakarta Utara. “Momen ini menjadi bukti nyata dari komitmen perusahaan untuk mendukung pendidikan, literasi, dan pengembangan potensi anak-anak di Indonesia.

Adapun fasilitas yang disediakan termasuk buku-buku berkualitas, komputer, bangunan perpustakaan yang ramah anak, rak buku yang terorganisir dengan baik, serta meja dan kursi yang nyaman untuk mendukung proses belajar mengajar yang efektif,” sebut Chairman Lotte Foundation Lee Seung Hoon dalam acara itu.

Ia juga menyebut, bahwa sejak 2017, sudah ada 19 ruang perpustakaan dibangun sebagai bagian dari CSR “Lotte Sahabat Anak”. Ia berharap, dengan adanya akses yang lebih baik terhadap fasilitas pendidikan, anak-anak dapat lebih mengembangkan minat mereka dalam membaca.

Pasalnya, ia melihat potensi SDM Indonesia sangat besar. Maka itu, diharapkan melalui budaya membaca, pengetahuan dan kreativitas anak-anak akan semakin meningkat serta dapat mengasah kemampuan berpikir kritis.

“Saya berharap, siswa-siswi di sini bisa menjadi SDM yang lebih  baik lagi. Jika ada buku-buku tertentu yang ingin ditambah, bisa dikomunikasikan dengan pihak kami,” ucap Lee ramah, saat berbincang dengan perwakilan siswa-siswi MI Nurul Islam.

Acara peresmian perpustakaan MI Nurul Islam, Kamis (25/4/2024) dihadiri oleh Chairman Lotte Foundation Lee Seung Hoon dan perwakilan dari Lotte Mall Jeon Jaemo. Sementara peresmian perpustakaan di SDS Kebon Baru I Cilincing, Jumat (26/4/2024) besok, akan dilakukan oleh Chairwoman Lotte Foundation Chang Haesun dan Presiden Director Lotte Mall Jakarta Ahn Chi Woo. (sic)